kebugaran

Just another WordPress.com site

Tes Kebugaran Jasmani Lari 12 Menit Cooper

Tes kebugaran  jasmani lainnya yang dikembangkan oleh Cooper adalah tes lari selama 12 menit. Pada tes ini jarak yang ditempuh oleh peserta tes tidak ditentukan, yang ditentukan adalah waktu tempuh yaitu selama 12 menit selanjutnya jarak tempuh diukur setelah peserta tes berlari selama 12menit.

Pelaksanaan tes lari 12 menit dari Cooper ini memerlukan prosedur yang agak rumit, dimana pesrta diharuskan berhenti ketika waktu 12 menit telah terlampaui, lalu mereka perlu memberikan tanda dimana tempat berhentinya, untuk segera diukur jarak hasil ditempuhnya. Jika peserta tes banyak maka perlu kejelian untuk mengukurnya.

Jarak yang dicapai tersebut selanjutnya dikonfirmasikan pada table kategori kebugaranjasmani untuk menetapkan status kebugaran peserta tes. Kategori tes tersebut dibedakan berdasarkan ejnis kelamin dan kelompok umur.

Untuk mengetahui berapa besaran VO2MAX peserta tes dapat dihitung menggunakan system poinyang dikemukakan oleh Copper. Penghitungan poin mengunakan data jarak yang ditempuh peserta tes selama 12 menit. Jarak tersebut harus diubah menjadi satuan mil dimana satu milsama dengan 1609 mater. Kemudian dimasukan dalam rumus :

Cooper

Untuk Tabel kebugaran jasmani untuk tes lari 12 Meter Dari Cooper. Kategori Kebugaran Jasmani Tes Lari 12 Menit

04/17/2011 - Posted by | Tes KEbugaran Jasmani

Belum ada komentar.

Tinggalkan komentar